7 Cara Menulis yang Menarik Untuk Keberhasilan Blog anda

7 Cara Menulis yang Menarik Untuk Keberhasilan Blog anda

1. Menulis dengan sepenuh hati.

      Bila anda menulis dengan sepenuh hati tanpa ada perasaan terpaksa saya yakin semuanya akan berjalan lancar. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kata-kata. Mengalir saja, tulis semua yang ingin anda tulis. Blog yang baik itu biasanya punya content asli dan ditulis sepenuh hati. Jadi, anda dapat menulis apa saja yang anda sukai supaya jiwa anda terasa masuk dalam tulisan. Selain itu, tulisan anda juga tidak terkesan dipaksakan.


2. Menulis yang bermanfaat.
      Blog yang berhasil mengerti apa yang disukai para pembacanya. Setiap orang yang mengakses blog seperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa. Mereka punya hal-hal baru yang bermanfaat dan setiap pembaca dapat menerapkan manfaat ini untuk kepentingan mereka. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untuk orang banyak. Berikanlah informasi yang anda punyai untuk semua pengunjung. Supaya, pengunjung tidak merasa sia-sia telah berkunjung ke blog anda.


3. Cari solusi untuk persoalan orang lain.
      Pertama kali sebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, anda harus tahu betul siapa saja pembaca blog anda. Jadi anda dapat menganalisis kesulitan apa saja yang biasanya mereka hadapi. Nah, seterusnya anda bisa membantu mereka menemukan solusi yang pas untuk masalah itu. Tapi bila anda belum punya pembaca (biasanya dialami blogger baru) anda dapat membaca blog lain yang punya target pembaca yang sama dengan anda dulu. Anggap saja ini blog reference anda. bila anda benar-benar blank tidak punya ide untuk menawarkan solusi pada pembaca. Coba saja pelajari persoalan-persoalan yang biasa diutarakan pengunjung blog reference anda. Biasanya di bagian komentar pengunjung suka mencurahkan masalah-masalah mereka. Lalu anda tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi anda sendiri.


4. Jangan hanya menulis tentang diri sendiri.
      Bila anda terlalu banyak menulis tentang diri anda, nanti malah banyak pembaca yang tidak suka. Mereka akan menyangka anda membuat blog hanya karena ingin pamer. Gawat bukan kalau sudah demikian? Apa anda pernah menemui blog yang isinya seperti buku harian? Saya kira banyak juga ya jumlahnya. Dan kayaknya model blog curhat seperti ini tidak banyak disukai pengunjung. Kecuali bila isi tulisan mereka mengandung banyak informasi yang berguna untuk pengunjung. Bukan hanya menulis kegiatan harian seperti menulis di buku diary saja. Nah, jadi apa yang harus anda ingat supaya blog anda tidak seperti buku harian? Anda seharusnya mengingatkan diri anda kalau anda menulis di blog bukan hanya ditujukan buat diri anda sendiri. Namun anda juga menulis untuk banyak pengunjung di seluruh penjuru dunia. Berbagi apa yang anda alami tapi juga bagikan apa yang dipelajari banyak orang. Jangan hanya melulu membicarakan diri anda sendiri.


5. Sentuhlah pembaca anda. 
      Coba buat interaksi dengan semua pembaca anda. Caranya bagaimana? Tidak hanya membalas komentar yang pembaca berikan. Tapi, anda dapat membuat sejenis kontes yang menarik minat pengunjung anda. Perumpamaan bagi pemberi komentar diberi hadiah ebook.


6. Buatlah headline yang menarik.
      Headline atau judul tulisan jadi salah satu faktor penentu banyak atau tidaknya pengunjung yang tertarik dengan blog anda. Kenapa? Ya karena siapapun yang ingin join di blog pasti membaca judul tulisan anda dulu. Betapapun menariknya content anda bila judulnya tidak menarik hati pengunjng, ya sia-sia saja. Jadi, untuk membuat judul tulisan yang memikat, anda dapat belajar dari blog lain. Perhatikan saja judul-judul yang ada di blog-blog terkenal. Pelajari apa yang membikin judul itu dapat memikat anda. Lalu silakan meniru model judul yang membuat anda tertarik ini. Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul how to, memakai kalimat imperatif atau bahkan judulnya singkat seperti headline koran? Anda boleh meniru model yang anda minati.


7. Fokus terhadap hal yang penting saja.
      Jangan merepotkan diri anda dengan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat banyak untuk traffic blog anda. Umpamanya, anda terlalu asyik mencari gambar yang sempurna untuk blog anda. Atau terlalu lama mendesain layout dan mengutak-atik format halamannya. Tentukan hal apa sih yang paling penting untuk blog anda? Dan fokus pada hal yang penting ini saja. Jangan membuang waktu anda dengan aktivitas yang membuat anda terlena. Kalau buat saya sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembaca itu dua hal yang lebih penting dari apapun. Hingga saya mengurangi saja aktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini. Jadi saya dapat menggunakan waktu saya yang lain untuk hal yang lebih produktif tentunya.




Sumber :
http://petunjukbisnisinternet.blogspot.com/2010/05/7-cara-menulis-yang-menarik-untuk.html

0 komentar:

Posting Komentar