Artikel Web Design

Artikel Web Design

Desain web adalah istilah yang luas yang mencakup berbagai keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam produksi dan pemeliharaan website berbagai bidang desain web meliputi; Web desain grafis, desain interface, authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak berpemilik, pengalaman pengguna desain dan optimasi mesin pencari. Seringkali banyak orang akan bekerja dalam tim yang mencakup berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan meliputi mereka semua. Desain web Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain yang berkaitan dengan front end-(sisi client) desain website termasuk menulis mark up, tapi ini adalah wilayah abu-abu karena hal ini juga dibahas oleh pengembangan web. Web desainer diharapkan memiliki kesadaran akan kegunaan dan jika peran mereka melibatkan menciptakan mark up maka mereka juga diharapkan untuk memperoleh informasi dengan pedoman aksesibilitas web.

Sejarah (1988-2000)

Meskipun desain web memiliki sejarah yang lumayan baru, dapat dikaitkan dengan daerah lain seperti desain grafis. Namun desain web juga dipandang sebagai sudut pandang teknologi. Hal ini telah menjadi bagian besar dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sulit untuk membayangkan internet tanpa grafis animasi, gaya yang berbeda dari tipografi, latar belakang dan musik.

Awal web dan desain web

Pada tahun 1989, sementara bekerja di CERN Tim Berners-Lee mengusulkan untuk membuat hypertext proyek global, yang kemudian menjadi dikenal sebagai World Wide Web. Sepanjang 1991-1993 World Wide Web lahir. Teks halaman hanya dapat dilihat dengan menggunakan browser line-mode sederhana. Pada tahun 1993 Marc Andreessen dan Eric Bina, menciptakan browser Mosaic. Pada saat itu ada beberapa browser namun mayoritas mereka adalah berbasis Unix dan secara alami teks berat. Tidak ada pendekatan terpadu untuk elemen desain grafis seperti gambar atau suara. Browser Mosaic pecah cetakan ini. W3C dibentuk pada Oktober 1994, untuk "memimpin World Wide Web secara maksimal dengan mengembangkan protokol umum yang mempromosikan evolusi dan memastikan interoperabilitas."Hal ini dianjurkan salah satu perusahaan dari memonopoli browser kepatutan dan bahasa pemrograman, yang bisa mengubah efek dari World Wide Web secara keseluruhan. W3C terus menetapkan standar, yang hari ini dapat dilihat dengan JavaScript. Pada tahun 1994 Andreessen dibentuk Mosaic Communications corp. Yang kemudian dikenal sebagai Netscape Communications Netscape 0.9 browser. Netscape menciptakan tag sendiri HTML tanpa berkaitan dengan proses standar tradisional. Misalnya Netscape 1.1 menyertakan tag untuk mengubah warna latar belakang dan format teks dengan tabel pada halaman web. Sepanjang 1996 hingga 1999 perang browser dimulai. Perang browser melihat Microsoft dan Netscape pertempuran itu keluar untuk dominasi browser yang tertinggi. Selama ini ada banyak teknologi baru di lapangan, terutama Cascading Style Sheets, JavaScript, dan HTML Dinamis. Pada keseluruhan kompetisi browser yang tidak mengarah pada kreasi positif dan membantu desain web berkembang dengan pesat.

Evolusi desain web

Pada tahun 1996, Microsoft merilis browser pertama yang kompetitif, yang lengkap dengan fitur sendiri dan tag. Ini juga merupakan browser pertama yang mendukung style sheet, yang pada saat itu dilihat sebagai teknik authoring jelas. CSS diperkenalkan pada Desember 1996 oleh W3C untuk meningkatkan aksesibilitas web dan untuk membuat HTML semantik kode daripada penyajian. Tabel berbasis layout menjadi sangat populer karena mereka memberikan web designer lebih banyak pilihan untuk membuat website. Markup HTML untuk tabel pada awalnya untuk menampilkan data tabular. Namun desainer dengan cepat menyadari potensi dari apa elemen struktur mereka bisa menambah desain mereka. Mereka segera dibuat lebih rumit, multi-kolom layout dari HTML awalnya mampu. Namun kali ini memang melihat sedikit perhatian telah terbukti menuju ke semantik dan aksesibilitas web. Sebagai desain dan estetika yang baik tampaknya lebih diutamakan daripada yang baik mark-up struktur. Periode ini juga melihat spacer. GIF menjadi sangat populer untuk mengendalikan dimensi layout web. Situs HTML terbatas dalam pilihan desain mereka, terlebih lagi dengan versi sebelumnya dari HTML. Untuk membuat desain yang kompleks, banyak web designer harus menggunakan struktur tabel yang rumit atau bahkan menggunakan gambar kosong untuk spasi. Namun pada tahun 1996 Flash (awalnya dikenal sebagai FutureSplash) dikembangkan. Pada saat itu adalah sebuah alat tata letak yang sangat sederhana dasar dan garis waktu tetapi memungkinkan desainer web untuk melampaui titik HTML pada saat itu. Kini berkembang menjadi sangat kuat, memungkinkan untuk mengembangkan seluruh situs.

 Akhir dari perang browser pertama

Selama tahun 1998 Netscape merilis kode Netscape Communicator di bawah lisensi open source, memungkinkan ribuan pengembang untuk berpartisipasi dalam meningkatkan perangkat lunak. Namun mereka memutuskan untuk berhenti dan memulai dari awal, yang dipandu pengembangan browser open source dan segera diperluas untuk platform aplikasi lengkap 2000. Merupakan tahun besar bagi Microsoft. Internet Explorer telah dirilis untuk Mac, ini adalah signifikan karena merupakan browser pertama yang sepenuhnya didukung HTML 4.01 dan CSS 1, meningkatkan kemampuan dalam hal kepatuhan standar. Ini juga merupakan browser pertama untuk sepenuhnya mendukung format gambar PNG. Selama waktu Netscape telah dijual kepada AOL dan ini dilihat sebagai kerugian resmi Netscape untuk Microsoft dalam perang browser.

Peralatan dan teknologi

Desainer Web menggunakan berbagai alat yang berbeda tergantung pada apa bagian dari proses produksi mereka terlibat masuk Alat ini diperbarui dari waktu ke waktu oleh standar yang lebih baru dan perangkat lunak tetapi prinsip-prinsip di belakang mereka tetap sama. Web desainer grafis menggunakan vektor dan raster paket grafis untuk menciptakan citra web yang diformat atau prototipe desain. Teknologi digunakan untuk membuat website berisi hingga tanda standar yang dapat tangan kode atau dihasilkan oleh perangkat lunak editing WYSIWYG. Ada juga perangkat lunak berpemilik berdasarkan plug-in yang bypasses versi browser klien, ini sering WYSIWYG tetapi dengan pilihan untuk menggunakan bahasa scripting perangkat lunak. Alat mesin pencari optimasi dapat digunakan untuk memeriksa peringkat mesin pencari dan menyarankan perbaikan.

Alat-alat lain web designer mungkin menggunakan termasuk mark up validator dan alat pengujian lain untuk kegunaan dan aksesibilitas untuk memastikan situs web mereka memenuhi pedoman aksesibilitas web.

Keterampilan dan teknik Tipografi

Biasanya website yang sukses hanya memiliki beberapa tipografi yang dari gaya yang sama, daripada menggunakan berbagai tipografi. Sebaiknya sebuah website harus menggunakan sans serif atau serif tipografi, bukan kombinasi dari keduanya. Tipografi dalam website juga harus berhati-hati jumlah tipografi yang digunakan, desain yang baik akan menggabungkan tipografi yang sama beberapa daripada berbagai tipe wajah. Kebanyakan browser mengenali sejumlah tertentu font aman, yang terutama menggunakan desainer untuk menghindari komplikasi. Sebagian besar layout di situs memasukkan spasi putih untuk memecah teks menjadi paragraf dan juga menghindari teks selaras pusat.

Tata letak halaman

Halaman Web harus ditata dengan baik untuk meningkatkan navigasi bagi pengguna. Juga untuk tujuan navigasi, tata letak halaman situs juga harus tetap konsisten pada halaman yang berbeda. Ketika membangun situs, penting untuk mempertimbangkan lebar halaman karena hal ini sangat penting untuk menyelaraskan obyek dan dalam desain tata letak. Situs paling populer umumnya memiliki lebar dekat dengan 1024 piksel. Sebagian besar halaman juga center aligned, untuk membuat objek terlihat lebih estetis pada layar yang lebih besar.

Cairan layout dikembangkan sekitar tahun 2000, meskipun sangat lambat untuk diadopsi, sebagai penolakan terhadap desain grid berbasis baik sebagai prinsip desain, dan sebagai teknik pengkodean. Asumsi aksiomatik adalah bahwa pembaca akan memiliki perangkat layar, atau jendela atasnya, dengan ukuran yang berbeda dan bahwa tidak ada halaman desainer dapat lakukan untuk mengubah hal ini. Dengan demikian, desain harus dipecah menjadi unit (sidebars, blok konten, daerah iklan, navigasi daerah) yang dikirim ke browser dan yang akan dipasang ke dalam jendela tampilan oleh browser, sebaik mungkin. Sebagai browser tidak tahu rincian layar pembaca (ukuran jendela, ukuran font relatif terhadap jendela dll) browser melakukan pekerjaan yang lebih baik dari ini dari seorang desainer dugaan. Meskipun seperti tampilan mungkin sering mengubah posisi relatif dari unit konten utama, sidebar dapat mengungsi di bawah body text bukan ke sisi itu, ini biasanya tampilan yang lebih baik dan terutama lebih bermanfaat daripada upaya kompromi untuk menampilkan-keras kode grid yang jelas tidak sesuai dengan jendela perangkat. Secara khusus, posisi relatif blok konten dapat berubah, tetapi setiap blok terlalu terpengaruh. Usability juga lebih baik, terutama dengan menghindari horisontal bergulir.

Web Desain responsif adalah pendekatan baru, berdasarkan CSS3, dan tingkat yang lebih dalam per-spesifikas dalam stylesheet halaman, melalui penggunaan disempurnakan CSS @ media pseudo-pemilih.

Kualitas kode

Ketika membuat situs itu adalah praktik yang baik agar sesuai dengan standar. Ini termasuk kesalahan dalam kode, tata letak yang lebih baik untuk kode serta memastikan ID dan kelas diidentifikasi dengan benar. Hal ini biasanya dilakukan melalui deskripsi menentukan apa elemen lakukan. Tidak sesuai dengan standar tidak dapat membuat sebuah situs web tidak dapat digunakan atau rawan kesalahan, standar dapat berhubungan dengan tata letak yang benar dari halaman untuk dibaca juga memastikan elemen kode ditutup tepat. Memvalidasi melalui W3C hanya dapat dilakukan ketika sebuah deklarasi DOCTYPE yang benar dibuat, yang digunakan untuk menyoroti kesalahan dalam kode. Sistem ini mengidentifikasi kesalahan dan daerah yang belum sesuai dengan standar desain web. Informasi ini kemudian dapat diperbaiki oleh pengguna.

Visual desain

Desain visual yang baik pada sebuah situs web mengidentifikasi dan bekerja untuk target pasar itu. Ini bisa menjadi kelompok usia tertentu atau untai budaya sehingga desainer harus memahami tren dari para penonton. Desainer juga harus memahami jenis situs web mereka merancang, berarti sebuah website bisnis tidak harus dirancang sama dengan situs media sosial misalnya. Desainer juga harus mengerti pemilik atau bisnis situs ini mewakili, untuk memastikan mereka digambarkan baik. Estetika atau desain keseluruhan situs tidak harus berbenturan dengan konten, sehingga memudahkan pengguna untuk menavigasi dan dapat menemukan informasi yang diinginkan atau produk dll.

Pengguna pengalaman desain

Untuk pengguna untuk memahami sebuah situs web mereka harus dapat memahami bagaimana situs web bekerja. Hal ini mempengaruhi pengalaman mereka. Pengalaman pengguna berhubungan dengan tata letak, instruksi yang jelas dan pelabelan di situs Web. Pengguna harus memahami bagaimana mereka dapat berinteraksi di situs. Sehubungan dengan terus menggunakan, pengguna harus merasakan kegunaan dari situs yang jika mereka ingin terus menggunakannya. Dengan pengguna yang terampil dan berpengalaman dengan penggunaan situs web, pengaruh ini berhubungan langsung dengan bagaimana mereka memandang website, yang mendorong lebih lanjut penggunaan. Oleh karena itu pengguna dengan pengalaman kurang cenderung melihat keuntungan atau kegunaan dari situs web. Hal ini pada gilirannya harus fokus, di desain untuk penggunaan yang lebih universal dan kemudahan akses untuk mengakomodasi pengguna sebanyak mungkin terlepas dari keahlian pengguna.

Pekerjaan

Ada dua pekerjaan utama yang terlibat dalam menciptakan sebuah situs web: web designer dan web developer, yang sering bekerja sama pada sebuah situs web web designer bertanggung jawab untuk aspek visual, yang meliputi tata letak, warna dan tipografi dari. halaman web. Seorang perancang web juga akan memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan berbagai bahasa seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan Flash untuk membuat situs, meskipun tingkat pengetahuan mereka akan berbeda dari satu desainer web yang lain. Terutama di organisasi kecil satu orang akan membutuhkan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan pemrograman halaman web penuh, sementara organisasi yang lebih besar mungkin memiliki web designer bertanggung jawab untuk aspek visual saja.

Pekerjaan lebih lanjut, yang dalam keadaan tertentu mungkin terlibat dalam proses pembuatan website meliputi:

a.    Desainer grafis, untuk menciptakan visual untuk situs seperti logo, layout dan tombol
b.    Spesialis Internet Marketing, untuk membantu menjaga keberadaan web melalui solusi strategis pada penargetan pemirsa ke situs, dengan menggunakan teknik pemasaran dan promosi di internet.
c.    Penulis SEO, untuk penelitian dan merekomendasikan kata-kata yang tepat untuk dimasukkan ke situs web tertentu dan membuat situs web lebih mudah diakses dan ditemukan di search engine banyak.
d.    Internet Copywriter, untuk menciptakan konten yang ditulis halaman untuk menarik pemirsa yang ditargetkan dari situs.
e.    Pengalaman Pengguna (UX) desainer, menggabungkan aspek pertimbangan desain user terfokus yang meliputi arsitektur informasi, desain user berpusat, pengujian pengguna, desain interaksi, dan desain visual yang kadang-kadang.



Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_design


1 komentar:

Posting Komentar